Sudahkah anda berjilbab syari’i

Jilbab kekinian telah menjadi sebuah fenomena pola berbusana yang sedang booming di Indonesia.

Tidak jarang kita melihat wanita-wanita muslimah cantik yang berdandan ala ‘Jasmine’ pada serial kondan, Aladin. Jika pada waktu sebelumnya kita dapat menemukan penampilan wanita muslimah semacam itu hanya di layar kaca, kali ini tidak lagi.

Booming busana hijab modis dan tampil cantik maupun syar’i tapi modis memberikan angin segar untuk menjawab kejenuhan berbusana yang telah dijajah oleh konsep-konsep ala K-Pop dengan dominasi hot pants dan segala bentuk budaya yang menyertainya.

Trend jilbab style sebagai busana wanita muda, paruh-baya maupun usia lanjut pada masa kini sebenarnya tidak terlepas dari peran media internet dengan bisnis online yang menyertainya. Trend berbusana muslimah ini seakan terus meluncur kian-hari kian-kencang karena telah terbentuk sebuah pola demand-supply (permintaan penawaran) yang diramu dengan kreatifitas bercampur dengan eksistensi bersosialisasi dalam dunia maya.

Namun, yang menjadikan miris adalah ketika kedua belah pihak baik yang menawarkan maupun yang memberikan permintaan kurang memahami tentang kaidah syar’i mengenai batasan-batasan yang diperbolehkan dan dilarang dalam berbusana untuk muslimah tersebut.

Jilbab Syar’i Cantik

Penjual, produsen, desainer hingga reseller sudah semestinya memahami konsep hijab dan jilbab syar’i sebagaimana telah di-nash-kan oleh Agama (Islam). Hal ini bertujuan agar tujuan utama berjilbab dan berhijab yang merupakan sebagai penghambaan diri sebagai manusia terhadap Rabb-nya tidak kabur hanya semata-mata oleh kepentingan bisnis.

Berikut ilustrasi Hijab syar’i sebagaimana telah ditetapkan oleh hukum Agama (Islam):

wanita muslimah cantik
wanita muslimah cantik dengan hijab syar’i
img credit : eramuslim

Itulah ilustrasi bagaimana seharusnya busana muslimah tersebut. Dengan mengacu pada konsep dasar tersebut, diharapkan desainer pakaian dan produsen hijab/jilbab dapat memperhatikan unsur-unsur syar’i-nya.

Kerudung yang beredar dipasaran banyak sekali ragam modelnya, ada jilbab segi empat, jilbab segi tiga, pahmina, jilbab pesta, Jilbab saqina dan lain sebagainya. Apapun jilbab style yang diterapkan untuk kombinasi busana muslimah yang hendak dijual secara online harus tetap memperhatikan unsur-unsur syariah.

Hal ini juga tidak terkecuali untuk siapapun yang hendak membuat toko online yang khusus menjual jilbab, hijab dan aneka kerudung beserta aksesoris-nya. Tampil cantik itu merupakan sebuah kodrat seorang wanita, tapi cantik yang sesuai dengan syariah juga menjadikan wanita tersebut lebih bernilai dihadapan manusia maupun Tuhannya.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s